Biologi: Sel

adsense 336x280
Sel

Pengertian
Sel yaitu bagian terkecil dari tubuh manusia yang ukurannya sangat kecil sehingga hanya dapat dilihat dengan mikroskop. Tiap-tiap jasad yang bernyawa, tumbuh-tumbuhan maupun hewan terdiri dari sebuah sel atau pun susunan sel-sel yang teratur bentuk dan susunanya.

Struktur sel

Bagian-bagian sel meliputi:
1.      Dinding sel (selaput sel), yaitu selaput sel yang tipis melindungi sel yang ada di dalamnya, disamping itu dinding sel berfungsi untuk memberikan kesempatan memasukkan zat-zat yang tidak diperlukan.
2.      Protoplasma, merupakan badan sel yang terdiri dari suatu zat yang kental, yang didalamnya mengandung suatu larutan koloid dari protein, hidrat arang, lemak, garam-garam, vitamin dan air yang berguna untuk pertumbuhan sel. Protoplasma dengan inti disebut sitoplasma.
3.      
      Inti sel (nukleus) pada umumnya terletak ditengah sel, merupakan pusat kegiatan kimiawi untuk hidupnya sel dalam mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan pembelahan sel. Di dalam inti sel terdapat anak inti yang disebut nukleolus. Disamping itu terdapat suatu bahan yang disebut linin (Benang-benang yang berbentuk jala). Dan diantara pembelahan sel akan berubah menjadi kromosom (pembawa sifat keturunan). Disamping bagian tersebut diatas masih ada bagian lain dari sel yang terdapat dibagian sitoplasma, yaitu:
a.       Sentrosom, letaknya disebelah atas inti sel, fungsinya penting pada waktu terjadinya pembelahan sel (merupakan pusat pembagian sel).
b.      Vakuola, adalah rongga-rongga kecil yang terdapat didalam sel yang berisi cairan sel atau udara, fungsinya untuk penyimpanan bahan makanan dan mengumpulkan sisa makanan, sisa pembakaran atau ampas yang akan dikeluarkan.
c.       Mitokondria, merupakan benda bulat kecil (glandula) yang terdapat didekat inti sel yang fungsinya sebagai pusat tenaga untuk keaktifan sel.
Badan golgi, adalah benang-benang (fibril) yang terdapat disekitar sentrosom yang fungsinya penting untuk sekresi sel. adsense 336x280

0 Response to "Biologi: Sel"

Post a Comment