Jamur Krispi Pemasok Racun??

adsense 336x280
Jika anda pecinta jamur krispi maka anda patut waspada. Dibalik rasanya yang nikmat ternyata tersimpan racun yang berbahaya bagi tubuh. Menonton tayangan di TV Minggu 27 Desember 2015 lalu membuat saya lebih waspada lagi dalam hal makanan. Pasalnya, disana terungkap sampel jamur krispi yang diambil dari beberapa tempat  hingga restoran ternyata positif mengandung hidrosofit atau zat pemutih.
            Jamur tiram banyak disukai masyarakat karena rasanya yang enak dan banyak mengandung nutrisi. Bagi kaum vegetarian jamur digunakan sebagai pengganti daging ayam. Berbagai olahan jamur sekarang sudah banyak memanjakan penikmatnya, salah satunya adalah jamur krispi. Berbagai gerai penjualan jamur krispi sekarang mulai menjamur, sayangnya kenikmatan mengkonsumsi jamur krispi tercoreng lantaran ulah curang oknum pedagang.
            Bukannya menggunakan jamur segar yang telah dipanen, Aceng (nama samaran) justru memilih jamur busuk sebagai bahan untuk membuat jamur krispi. Seperti yang kita ketahui bahwa jamur yang telah busuk biasanya mengandung bakteri dan kuman berbahaya yang dapat menimbulkan keracunan.
            Jamur tiram yang telah busuk diolah dan dibersihkan oleh Aceng dengan menggunakan hidrosofit (zat pemutih). Hidrosofit biasanya digunakan untuk campuran detergent. Zat ini merupakan reduktor kuat yang tidak boleh kontak dengan makanan, apalagi masuk ke dalam tubuh manusia. Jamur  yang harusnya memberi banyak manfaat malah menjadi sumber penyakit.
            Senyawa hidrosofit  bersifat sangat iritatif, bisa mengiritasi kulit dan juga saluran pernapasan. Senyawa tersebut bisa menimbulkan reaksi alergi terutama pada penderita asma. Jamur krispi beracun menjadi sangat berbahaya bagi ibu hamil. Efek buruk yang ditimbulkan senyawa hidrosofit pada ibu hamil bahkan bisa mengganggu keselamatan bayi yang ada dalam kandungan.
             Uang dan keuntungan telah membutakan mata Aceng untuk melakukan sesuatu yang benar, tak cukup hanya dengan pemutih tapi ia juga menggunakan boraks dalam pembuatan makanan yang digemari anak-anak bahkan dewasa tersebut. Bahwasannya kita tahu bahwa boraks adalah zat pengawet yang jika masuk ke dalam tubuh manusia akan menimbulkan penyakit.
            Aceng menjajakan jamur krispi beracun ke sekolah-sekolah, dimana  kebanyakan anak-anak yang tak berdosa yang membeli jamur berbahaya itu. Betapa mirisnya melihat potret kehidupan di Indonesia ini. Anak-anak yang nantinya menjadi penerus bangsa ini justru dibunuh secara perlahan  oleh racun-racun yang tanpa sadar telah merasuk ke dalam tubuh mungil mereka.
            Saya berpendapat bahwa oknum penjual jamur krispi yang curang tersebut melakukan hal buruk seperti itu karena mereka terpaksa. Mereka terpaksa melakukannya karena mereka terdesak oleh kebutuhan hidup yang terus menerus meningkat. Dibekali dengan kemampuan berpikir, mereka mencari cara untuk bisa meneruskan kehidupannya dengan menghalalkan berbagai cara. Hingga pada akhirnya mereka menambahkan zat-zat berbahaya ke dalam jaur krispi yang mereka perdagangkan. Ujung-ujungnya yang disalahkan adalah pemerintah. Pemerintah harusnya bekerja lebih keras lagi agar rakyatnya lebih sejahtera. 
            Seharusnya pemerintah lebih ketat lagi dalam pengawasan persebaran zat-zat kimia, jangan sampai zat-zat tersebut disalahgunakan oleh orang-orang yang mencari keuntungan semata. Akan lebih baik lagi ditetapkan sanksi bagi penjual zat-zat kimia yang menjual zat kimia berbahaya dengan tidak memperhatikan takaran.
            Kalau saja kesejahteraan itu sudah tercipta maka kecurangan-kecurangan dalam hal pengolahan pangan tidak mungkin terjadi. Faktanya kecurangan-kecurangan itu masih terjadi, rakyat Indonesia belum sejahtera. Jika saja kesejahteraan sudah tercipta maka pedagang jamur krispi tidak mungkin akan melakukan cara-cara yang merugikan orang lain untuk memperoleh  keuntungan. Hubungan kesejahteraan dengan perilaku seseorang menurut saya saling berkaitan. Jika seseorang sudah sejahtera maka orang tersebut akan selalu melakukan hal-hal yang baik begitu juga sebaliknya.
             Kembali lagi pada jamur, apabila jamur diolah dengan baik maka khasiat dari jamur tersebut akan kita dapatkan manfaatnya. Manfaat jamur sangatlah banyak diantaranya jamur memiliki kadar protein yang tinggi dengan asam amino yang lengkap, termasuk asam amino esensial yang dibutuhkan manusia. Selain itu jamur mengandung vitamin B1,B2 Dan beberapa garam mineral dari unsur-unsur Ca,P,Fe,Na dan K. Kandungan serat jamur mulai 7,4% sampai 27,6% sangat baik bagi pencernaan. Sumber: inspir4siqu.blogspot.com
            Garis besarnya, manfaat yang anda peroleh dari jamur adalah menekan kolesterol jahat didalam darah, menyerap kelebihan kadar gula dalam darah dan menyeimbangkan metabolisme tubuh. Sayang sekali khasiat tersebut ternodai oleh oknum pedagang jamur krispi yang curang.
            Daripada memakan racun lebih baik kita membuat jamur krispi sendiri. Membuat jamur krispi sendiri di rumah sangatlah mudah, kita hanya perlu menyiapkan jamur segar dan tepung terigu sebagai bahannya. Jamur yang segar memiliki tekstur daging yang lembut. Jamur yang baru dipanen memiliki bau jamur yang khas dan hanya berumur dua hari setelah itu jamur akan mengalami pembusukan. Untuk membedakan jamur yang berpemutih dengan jamur yang segar dan sehat sangatlah sulit, jadi lebih baik kita membuat jamur krispi sendiri di rumah. Jamur krispi yang dibuat sendiri kebersihan dan kesehatannya bisa lebih terjaga.
Kesehatan adalah hal terpenting untuk menikmati kesejahteraan. Hidup sehatlah mulai dari sekarang. Salam.
adsense 336x280

0 Response to "Jamur Krispi Pemasok Racun??"

Post a Comment