Apa Itu Blog? Blogger??

adsense 336x280
Blog adalah singkatan dari Weblog, yaitu suatu bentuk aplikasi web yang menterupai tulisan-tulisan (biasanya dimuat sebagai bentuk posting) pada sebuah halaman web umum. Blog merupakan sebuah sarana bagi penulis blog (blogger) dalam menyampaikan tulisannya secara Online sehingga dapat diakses oleh banyak orang melalui media internet. Berikut adalah contoh layanan blog yang sering digunakan:

1. Blogspot/Blogger (www.blogger.com )
Blogspot adalah layanan publikasi yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakui sisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang di host oleh Google berada dibawah subdomain blogspot.com.


2. Wordpress (www.wordpress.com)

Wordpress merupakan layanan gratis dan premium dari Wordpress Foundation, dibuat pada tahun 2003.

3. Tumblr (www.tumblr.com)

Tumblr adalah platform mikroblog dan situs jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan Tumblr, Inc. Layanan ini memungkinkan pengguna mengirimkan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog pendek


Membuat Postingan Artikel
Pada saat pertama kali blog dibuat tentu saja masih belum berisi postingan. Postingan merupakan isi dari blog kita yang berupa tulisan gambar dan lain sebagainya. Tulisan tersebut nantinya dapat dilihat dihalaman blog kita apabila halaman blog kita diakses. Semakin menarik isi blog kita maka akan banyak pengunjung yang mengakses blog kita. Berikut beberapa hal yang dapat kita lakukan pada postingan blog kita.

1. Membuat postingan baru
Untuk memulai postingan sebuah artikel klik Entri Baru


Setelah Entri Baru kita klik, maka akan ditampilkan halaman untuk menuliskan postingan. Isikan judul artikel dan isi artikel yang ingin dipostingkan.


Setelah selesai menuliskan isi artikel yang ingin di posting, selanjutnya pilih Publikasikan untuk menampilkan postingan dihalaman blog. 

2. Mengedit postingan
Untuk mengedit postingan, masuk ke halaman pos. Klik pada judul postingan kemudian edit postingan setelah selesai di edit klik tombol Perbarui.


3. Menghapus postingan
Untuk mengahapus postingan, masuk ke halaman pos, tandai judul postingan yang akan dihapus kemudian klik ikon tempat sampah.


4. Mengatur template/tema blog
Menu template digunakan untuk mengatur desain tampilan blog, klik desain template blog yang diinginkan untuk mengganti template kemudian klik Terapkan Ke Blog atau klik Sesuaikan apabila ingin mengedit desain template yang dipilih. Untuk membackup template atau upload template klik Cadangkan/Pulihkan. 


Selamat mencoba.. Semoga bermanfaat :)


adsense 336x280

0 Response to "Apa Itu Blog? Blogger??"

Post a Comment