Analisis Lagu Linkin Park “Heavy”

adsense 336x280
Ini sebenernya tugas gw di kampus hehe.. Tugasnya suruh nganalisis lagu terbarunya Linkin Park (Heavy). Daripada cuma dianggurin mending gw post kan yaah lebih bermanfaat siapa tahu aja ada yang dapet tugas sama kyk gw. Semoga bermanfaat yaak :))

1. Identifikasi apa yang terjadi pada situasi tersebut dan mengapa bisa terjadi.
               Video dimulai dengan Chester Bennington yang bergulat dengan pikirannya sendiri. Banyak pikiran-pikiran yang ada dalam benaknya dan hal tersebut membuat Bennington merasa tertekan. Karena didalam video klip sempat beberapa kali dimunculkan botol-botol alkohol, saya berasumsi bahwa halusinasi yang muncul dalam diri Bannington merupakan faktor dari mengonsumsi alkohol atau bisa juga alkohol tersebut merupakan bentuk pelampiasan/pelarian dari masalah-masalah yang dihadapi. Dari beberapa referensi (artikel) yang saya baca saya menemukan fakta bahwa kehidupan yang dialami Bannington tidaklah mudah (diluar dari apakah lagu ini tercipta atas pengalaman pribadi seorang Bennington atau tidak).
            Pertama, orangtua yang bercerai (akibat dari perceraian tersebut Bannington sempat menjadi pencandu alkohol dan obat-obatan terlarang), dan ia juga pernah menjadi korban bullying karena postur tubuhnya yang kurus. Saya meyakini bahwa lagu ini diciptakan terinspirasi dari seseorang yang mengalami banyak beban tekanan dalam diri dan pikirannya sehingga ia merasa tidak kuat menanggung beban tersebut. Hal itu ditegaskan dengan adanya lirik Why is everything so heavy, Mengapa semuanya begitu berat (seperti ada perasaan putus asa yang digambarkan dalam diri Bannington, dikarenakan banyaknya masalah-masalah yang ia hadapi, banyaknya pikiran-pikiran yang berkecamuk).
               Dikarenakan hal tersebut akhirnya Bennington meninggalkan rumahnya. Dia kemudian bergabung dengan semacam Group Support kemudian mereka memulai diskusi. Tetapi ia berselisih paham dengan salah satu anggota kelompok kemudian terjadilah pertengkaran (situasi sempat memanas). Sementara itu Kiiara mengawasi dan memperhatikan mereka. Bannington tidak tahan kemudian ia memasuki kamar mandi. Di kamar mandi ia terlibat pertarungan sengit dengan pikirannya sendiri, didalam video digambarkan Bannington berkelahi dengan dirinya sendiri. Kemudian Kiiara muncul memasuki kamar mandi yang sama di mana Bennington masuk. Video berakhir dengan Kiiara yang menempatkan tangannya ke bahu Bannington, dan ini menurut saya merupakan bentuk perwujudan dari katarsis.
               Lagu ini menceritakan tentang perasaan seseorang yang memikirkan begitu banyaknya masalah yang ia hadapi dan ia merasa tidak kuat untuk menanggungnya, ia merasa berat untuk menjalaninya.  Situasi perasaan yang tertekan dan putus asa berusaha dimunculkan dalam sosok Bannington (Vokalis). Situasi tersebut muncul karena Bannington terlalu banyak memikirkan segala sesuatu yang terjadi dalam hidupnya (overthinking).

2.      Apa yang akan anda lakukan sebagai seorang terapis dalam kelompok untuk mengatasi masalah yang muncul di situasi tersebut, dengan teknik apa?
      Sebagai seorang terapis saya akan mengatasi masalah tersebut melalui terapi kelompok dengan teknik psikodrama. Psikodrama bisanya digunakan untuk terapi, dengan tujuan agar klien memperoleh  pemahaman yang lebih baik tentang dirinya, menemukan konsep diri, menyatakan reaksi terhadap tekanan yang dihadapinya. Intinya psikodrama adalah tehnik bermain peran guna upaya pemecahan masalah psikis yang dialami oleh individu dan dituangkan dalam bentuk permainan peran dengan menggunakan metode drama.

      Dengan psikodrama ini, adegan-adegan yang diuraikan klien dapat dieksplorasi dan dipraktekan. Dalam psikodrama yang menjadi pemimpin kelompok adalah terapis (dengan kata lain terapis adalah sutradaranya). Terapis ini akan mengamati dengan cermat perilaku yang klien tunjukkan selama psikodrama berlangsung. Terapis juga membantu klien mengungkapkan perasaan secara bebas dan menafsirkannya. Teknik ini juga melibatkan para anggota, dimana semua anggota diharapkan ikut andil dalam pemecahan masalah yang ada didalam kelompok. Salah satu manfaat dari psikodrama ini adalah klien bisa melepaskan emosi yang ia rasakan serta klien bisa melihat masalah yang ia hadapi tersebut dari sudut pandang orang lain. Oleh sebab itu, apabila saya menemukan kasus seperti dalam video klip heavy tersebut, saya akan mempraktekkan teknik psikodrama untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi klien.
adsense 336x280

0 Response to "Analisis Lagu Linkin Park “Heavy”"

Post a Comment